Ini merupakan keputusan DPR RI dan akan diundangkan. Terlepas dari positif dan negatifnya, kita harus mendukung hal ini secara bersama-sama,"
Padang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyambut baik hasil voting DPR RI terkait RUU Pilkada yang dimenangkan oleh kubu pendukung kepala daerah dipilih oleh DPRD.

"Ini merupakan keputusan DPR RI dan akan diundangkan. Terlepas dari positif dan negatifnya, kita harus mendukung hal ini secara bersama-sama," kata Irwan di Padang, Jumat.

Dia mengakui, keputusan DPR RI tentang RUU Pilkada itu masih menyisakan pro dan kontra di tengah masyarakat. "Namun, setelah diputuskan dan menjadi UU, mari kita hilangkan pro dan kontra tersebut," kata dia.

Sebelumnya Irwan Prayitno menyatakan mendukungan wacana kepala daerah kembali dipilih oleh DPRD.

Dia mengatakan Pemilu lewat DPRD akan sangat efektif dari segi anggaran. Dia menilai anggaran Pilkada sangat besar dan sangat memberatkan, apalagi jika anggaran itu dibebankan kepada APBD masing-masing daerah.

"Pilkada lewat DPRD ini adalah sebuah solusi positif terkait hal ini," kata dia.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan sejumlah daerah tingkat dua di daerah itu dijadwalkan akan melakukan Pemilihan Kepala Daerah pada tahun 2015.

Diprediksi anggaran yang dibutuhkan untuk menggelar Pilkada tersebut secara serentak mencapai Rp760 miliar.
(KR-AGP/A013)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014