Mamuju (ANTARA News) - Potensi batu bara Provinsi Sulawesi Barat yang terdapat di Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju mencapai 232 ton per tahun.

Pelaksana Tugas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulbar, Amri Eka Sakti di Mamuju, Jumat, mengatakan, potensi tambang seperti batu bara yang dimiliki Kabupaten Mamuju menjanjikan untuk dikelola.

Ia mengatakan, selain di Kabupaten Mamuju potensi batu bara juga terdapat di Kecamatan Baras dan Sarudu, Kabupaten Mamuju Utara

Menurut dia, di Kabupaten Mamuju juga terdapat tambang logam mulia seperti emas di Batuisi, Kecamatan Bonehau, kemudian juga terdapat di Kabupate Mamuju Tengah yakni di Dusun Mao Kecamatan Korossa Kabupaten Mamuju kemudian di Tabolang Kecamatan Topoyo.

Amri mengatakan, potensi emas di Sulbar juga terdapat di Antai Kiri Kabupaten Mamuju Utara, kemudian di Tarinding, Mawa dan Tabang Kabupaten Mamasa.

Sementara di Kabupaten Polewali Mandar emas dapat ditemukan di daerah Ongko, Sumarrang, dan Suruang.

"Potensi emas di Batuisi Kecamatan Bonehau Kabupaten Mamuju terdapat di alur sungai Batuisi dan telah ditambang masyarakat setempat, sementara di Kabupaten Mamuju Utara terdapat di Sungai Lariang," katanya.

(KR-MFH/H-KWR)

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014