Washington (ANTARA News/AFP) - Ekonomi AS tumbuh lebih kuat dari perkiraan sebelumnya pada kuartal kedua, mencatat waktu laju tercepat sejak akhir 2011, Departemen Perdagangan melaporkan Jumat.

Produk domestik bruto naik pada tingkat tahunan sebesar 4,6 persen, departemen mengatakan, merevisi perkiraan sebelumnya 4,2 persen.

Revisi tersebut sesuai ekspektasi para ekonom karena data menunjukkan ekonomi membangun momentum dalam sebuah "rebound" dari kontraksi 2,1 persen pada kuartal pertama, ketika cuaca musim dingin yang parah memukul perekonomian.

Departemen itu mengatakan revisi naik terutama mencerminkan peningkatan yang lebih besar dalam investasi bisnis dari perkiraan sebelumnya, terutama di bidang struktur manufaktur dan ekspor.

"Ekonomi Amerika mengerahkan semua kekuatannya dan menjelajah pada tingkat yang lebih kuat daripada dalam beberapa tahun terakhir," kata Sal Guatieri, ekonom senior di BMO Capital Markets.

Pembaruan pertumbuhan menaikkan tingkat tahun-ke-tahun menjadi 2,6 persen, katanya.

"Itu jalur pertumbuhan yang jelas lebih kuat daripada 2,1 persen dalam empat tahun pertama pemulihan dari resesi besar."

Belanja konsumsi, penggerak utama dari kegiatan ekonomi AS, naik moderat 2,5 persen, setelah hanya naik 1,2 persen pada kuartal pertama.

Laporan ini mengisyaratkan ekonomi memasuki kuartal ketiga dengan momentum kuat, tetapi indikator terbaru menunjukkan aktivitas mendingin, khususnya di pasar perumahan. Analis memperkirakan pertumbuhan telah melambat menjadi sekitar 3,0 persen pada periode Juli-September.

Menurut proyeksi Federal Reserve terbaru, ekonomi terbesar di dunia itu akan mengakhiri tahun pada tingkat tahunan antara 2,0 persen hingga 2,2 persen.

(Uu.A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014