Chicago (ANTARA News) - Ratusan pesawat di Chicago dan seluruh wilayah itu tak diterbangkan hingga pukul 06.00 waktu setempat, Jumat (26/9), setelah kebakaran terjadi secara sengaja di Instalasi Penerbangan Federal di Aurora, Negara Bagian Illinois, AS.

Seorang pekerja secara sengaja menyalakan api lalu bunuh diri. Pesawat tetap tak mengudara di Bandar Udara Internasional OHare di Chicago dan Bandar Udara Midway sampai pukul 11.00 waktu setempat.

Chicago Tribune melaporkan 700 pesawat dibatalkan terbang di dua bandar udara dan hampir 600 penerbangan ditunda.

Selain itu, ada laporan bahwa Southwest Airlines membatalkan semua penerbangan di dua bandar udara sampai sore.

Operator penerbangan mengatakan kepada media setempat bahwa peralatan radio tak berfungsi dan diperlukan waktu sampai penerbangan bisa normal lagi, demikian laporan Xinhua, Sabtu pagi.

Jejaring Lembaga Penerbangan Federal mengatakan pesawat dari tempat lain di Amerika Serikat yang harus terbang melintasi wilayah udara Chicago takkan diperkenankan berangkat sampai pukul 11.00 waktu setempat.

Bandar Udara Chicago adalah salah satu yang paling sibuk di dunia dan banyak pengulas mengatakan bandar udara tersebut sedang berusaha meraih kembali predikat bandar udara paling sibuk di dunia paling lambat pada akhir tahun ini.

Penerjemah: Chaidar Abdullah 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014