... game ketiga kami tampil lebih fokus. Kunci kemenangan kami yang utama itu fokus, terutama di saya... "
Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, memastikan menambah pundi medali bagi Indonesia seusai mengalahkan pasangan tuan rumah, Shin Baek Cheol/Chang Ye Na, dalam perebutan tiket semifinal Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Sabtu.

Tontowi/Liliyana berhasil menaklukkan pasangan wakil tuan rumah tersebut dengan skor 19-21, 21-16, 21-9, demikian dikutip dari siaran pers PBSI di Jakarta, Sabtu.

Pada game pertama pertandingan pasangan rangking empat dunia dengan tim tuan rumah berlangsung ketat dengan skor yang tidak pernah terpaut jauh. Namun Tontowi/Liliyana beberapa kali melakukan kesalahan dan dimanfaatkan oleh lawan untuk menekan.

"Pada game pertama, kami masuk di pola permainan lawan. Saat mendapat arahan dari pelatih, baru kami menyadari kenapa kami masuk pola permainan mereka," kata Liliyana.

Penguasaan bola pun akhirnya berubah ketika dalam game kedua pasangan tersebut kembali menerapkan pola permainan mereka.

Pada game ketiga bola sepenuhnya dikuasai oleh Indonesia yang unggul jauh hingga 7-0.

Kelihaian Tontowi/Liliyana dalam mengolah dan membalikkan serangan semakin tak terbendung dan sempat membuat lawan terlihat frustasi karena tidak tahu harus menerapkan permainan seperti apa lagi. Tuan rumah pun tertinggal jauh 5-15.

"Di game ketiga kami tampil lebih fokus. Kunci kemenangan kami yang utama itu fokus, terutama di saya," kata Tontowi.

Menurut Tontowi jika dirinya sudah mampu untuk fokus maka Liliyana pasti lebih seksama mengatur bola di depan net.

"Kami juga menerapkan permainan yang benar, bukan cuma adu kencang-kencangan saja, tetapi lebih mengatur tempo," tambah Liliyana.

Juara All England tiga kali berturut-turut dari 2012, 2013 dan 2014 tersebut kemungkinan besar akan berhadapan dengan musuh bebuyutan mereka dari China, Xu Chen/Ma Jin untuk berebut tiket final dalam kejuaran tersebut. 

Pewarta: Sigid Kurniawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014