Makkah (ANTARA News) - Banyak tempat dan waktu yang dianggap sangat baik untuk menyampaikan doa saat musim haji di Masjidil Haram, Makkah.

Dan, ada satu doa yang diminta Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin selaku Amirul Hajj kepada jamaah haji Indonesia.

"Selain doa kepada keluarga dan famili, saya ingin titip doa," kata Lukman Hakim saat melakukan kunjungan ke penginapan jamaah haji di Makkah, Sabtu.

Saat melakukan kunjungan ke Hotel Al Lulua, Lukman Hakim juga mengunjungi jamaah haji yang sedang menghadiri bimbingan ibadah.

Lukman Hakim meminta jamaah haji mendoakan seluruh bangsa dan rakyat Indonesia agar lebih baik lagi kedepan. "Selain itu juga diberi kekuatan dalam menghadapi persoalan yang ada," kata Lukman.

Selain itu jamaah diminta mendoakan agar para pemimpin mencintai rakyatnya dan menjadi pemimpin yang istiqomah atau menempuh jalan yang lurus.

Sementara kepada para jamaah, Menag menyampaikan pesan agar menjaga kesehatan menjelang puncak haji atau wukuf pada 3 Oktober. Ia mengatakan proses puncak haji sampai melempar jumrah di Mina cukup berat oleh sebab itu kondisi fisik jamaah perlu dipersiapkan.

Lukman Hakim mengingatkan bahwa inti dari ibadah haji adalah wukuf di Arafah, untuk itu ia meminta jamaah mendahulukan yang wajib dibanding yang sunnah. "Bukannya melarang melaksanakan yang sunah, tapi mohon bisa mengukur kondisi fisik," katanya.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014