Banjarbaru (ANTARA News) - Sebanyak 2.911 jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah berada di Tanah Suci Mekah dan seluruhnya dalam kondisi sehat.

"Seluruh calon haji tersebut berasal dari delapan kelompok terbang," ujar Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Banjarmasin, Syukeriansyah di Banjarbaru, Sabtu.

Ia mengatakan, seluruh calon haji dalam kondisi baik dan sehat meski pun saat tiba di Tanah Suci disambut suhu ekstrem karena cuaca panas di siang hari mencapai 47 derajat celsius.

Menurut dia, sesuai laporan dari petugas Kanwil Kemenag Kalsel yang ditugaskan di Mekah, beberapa calon haji memang ada yang sempat dirawat di posko kesehatan tetapi sudah pulih.

"Dilaporkan, calon haji yang sempat dirawat di posko kesehatan karena kelelahan fisik, tetapi setelah istirahat dan diberi obat, mereka pulih kembali sehingga bisa beraktivitas," ucapnya.

Disebutkan, saat ini seluruh calon haji Embarkasi Banjarmasin masih berada di Mekkah menjalankan ibadah umrah wajib sambil menunggu ke Padang Arafah melaksanakan wukuf.

"Seluruh calon haji sudah umrah wajib dan dijadwalkan 3 Oktober 2014 menuju Padang Arafah melaksanakan wukuf," ujar Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel itu.

Dikatakan, pemberangkatan calon haji Embarkasi Banjarmasin terutama asal Kalsel tinggal satu kloter yakni kloter gabungan yang dijadwalkan berangkat 28 September 2014.

"Kloter gabungan terdiri dari calon haji asal Tanah Laut, Kota Banjarmasin, dan calon haji asal Kalteng yang ikut berangkat melalui Embarkasi Banjarmasin," katanya.

Jumlah jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin Kalsel yang berasal dari 13 kabupaten dan kota sebanyak 3.050 yang diberangkatkan melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Selain calon haji Kalsel, Embarkasi Banjarmasin juga menjadi Embarkasi Antara bagi calon haji asal Kalteng yang jumlahnya sebanyak 1.080 orang terbagi dalam empat kloter.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014