Denpasar (ANTARA News) - Komando Daerah Militer IX/Udayana mengajak masyarakat Pulau Dewata bersepeda gembira atau "fun bike" memperingati Hari Ulang Tahun ke-69 Tentara Nasional Indonesia untuk mempererat sinergi TNI kuat bersama rakyat.

"Kami ingin melalui kegiatan fun bike ini TNI bisa lebih erat komunikasi dengan rakyat. TNI bersama rakyat akan semakin kuat," kata Kepala Staf Angkatan Darat Kodam IX/Udayana Brigadir Jenderal TNI Ruslian Hariadi ditemui pada pelepasan peserta "fun bike" HUT ke-69 TNI di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar, Minggu.

Kegiatan  itu dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta tepat pukul 07.00 WITA.

Menurut dia, kegiatan yang digelar serentak di seluruh Indonesia itu selain untuk lebih mendekatkan TNI dengan rakyat, melalui olah raga sepeda gembira itu diharapkan masyarakat ikut berkontribusi di dalam membantu TNI menjaga kedaulatan negara.

"Kami berharap masyarakat juga berkontribusi di dalam menjaga keadaulatan negara bersama TNI dan Polri," ucapnya.

Sepeda gembira tersebut menempuh sejumlah rute di Denpasar di antaranya dimulai dari Lapangan Puputan Margarana Renon menuju Jalan Puputan-Jalan Dewi Sartika-Jalan Diponegoro-Jalan Veteran-Jalan Wage Rudolf Supratman-Jalan Hang Tuah dan kembali ke Lapangan Puputan Margarana Renon.

Selain sepeda gembira, TNI juga menggelar jalan sehat yang menempuh sejumlah ruas jalan di antaranya Jalan Puputan Renon-Jalan Tjok Agung Tresna hingga kembali ke Lapangan Puputan Renon.

Sejumlah petinggi TNI di Kodam IX/Udayana hadir di antaranya mantan Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya yang baru saja menyerahterimakan jabatan kepada Mayor Jenderal TNI Torry Djohar Bungantoro, dan Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Albertus Julius Benny Mokalu serta Wakil Gubernur I Ketut Sudikerta.

Usai melaksanakan sepeda gembira dan jalan sehat, Panglima TNI Jenderal Moeldoko juga melakukan teleconference dengan sejumlah jajaran Kodam di seluruh Indonesia.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014