Jakarta (ANTARA News) - Laga Liga Primer Inggris Sabtu (Minggu malam WIB) merupakan hari bersejarah sekaligus pahit buat Wayne Rooney karena ia diusir dari lapangan dalam kemenangan 2-1 Manchester United atas West Ham.

Kapten Manchester United itu menjadi pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah Liga Primer Inggris saat ia memecah kebuntuan pada menit kelima pertandingan yang digelar di Old Trafford.

Namun, hukuman kartu merah atas perbuatannya menendang Stewart Downing telah menempatkan timnya di bawah tekanan, tulis laman resmi Liga Primer Inggris dalam laporannya, Minggu.

Meski harus mengakhiri permainan, Rooney dengan gol cepatnya itu telah menggenapi jumlah total golnya menjadi 176, melampaui capaian Thierry Henry dan hanya Alan Shearer--260 gol--serta Andy Cole--187 gol--yang ada di atasnya.

Robin van Persie memperpesar keunggulan tuan rumah pada menit 22 tapi kemudian diperkecil lagi sebelum jeda ketika Diafra Sakho memanfaatkan lemahnya pertahanan United yang diawali dari sepak pojok.

Keluarnya Rooney memungkinkan sang tamu West Ham United menyamakan kedudukan dalam 30 menit terakhir. Dan mereka membuat satu gol yang dianulir wasit saat pemain pengganti Kevin Nolan offside.

Bagaimanapun Manchester United mampu mempertahankan keunggulannya untuk mengklaim kemenangan kedua di bawah kepelatihan Louis van Gaal.

Pewarta: Suryanto
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014