Pekanbaru (ANTARA News) - Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menyatakan Komisi Pemberantasan Korupsi "hattrick" karena berhasil menangkap tiga Gubernur Riau dalam sangkaan korupsi.

"Dengan tertangkapnya Gubernur Annas Maamun, maka berarti KPK telah berhasil mencetak tiga "gol" karena sudah tiga Gubernur Riau yang diseret ke pengadilan dengan sangkaan kasus korupsi," kata Koordinator Fitra Riau Usman di Pekanbaru, Minggu.

Gubernur Annas Maamun diamankan saat berada di sebuah rumah pada kompleks perumahan elite di kawasan Cibubur, Jakarta, pada Kamis (25/9) pukul 17.30 WIB.

KPK melakukan pemeriksaan kemudian menetapkan Annas serta seorang pengusaha Gulat Manurung sebagai tersangka.

Sementara tujuh orang lainnya termasuk isteri, ajudan, sopir dan pihak keluarga gubernur lainnya telah dibebaskan penyidik karena tak terbukti.

Usman mengatakan, Gubernur Riau sebelumnya yakni Rusli Zainal juta terjerat kasus korupsi Pekan Olahraga Nasional 2012 dan penerbitan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu, Hutan Tanaman (IUPHHKHT).

Begitu juga dengan gubernur sebelumnya, Saleh Djasit, juga terjerat perkara korupsi pada dinas pemadam kebakaran daerah setempat.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014