Makkah (ANTARA News) - Usai memimpin rapat koordinasi persiapan puncak haji di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Makkah, Minggu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyempatkan diri mengunjungi jemaah haji yang sedang dirawat di balai pengobatan yang mempunyai kapasitas 160 pasien ini.

Lukman pertama kali meninjau ke ruang pasien wanita yang umumnya telah berusia lanjut. Menag meminta para jamaah haji untuk bersabar dan berdoa. Lukman juga mendoakan agar pasien cepat sembuh.

Selanjutnya, Menag dan rombongan mengunjungi jamaah haji dimensia (lupa ingatan). Sempat terjadi peristiwa yang mengundang senyum para dokter dan rombongan ketika seorang jamaah yang menjadi pasien mengenal Lukman Hakim. "Bapak Menteri Agama kan," kata seorang pasien dengan wajah tanpa tersenyum dan Menteri pun terlihat agak sedikit kaget.

Langsung saja ucapan pasien tersebut disambut ketawa dokter dan rombongan lainnya. "Wah sudah sembuh," kata seorang dokter.

Bahkan jamaah laki-laki yang mengenakan baju pasien berwarna hijau itu melanjutkan, "Dari PPP kan."

Langsung saja ucapan itu disambut senyum oleh Lukman Hakim yang memang berasal dari PPP. Ucapan "sudah sembuh" pun kembali terucap dari seorang dokter.

Setelah itu, Lukman Hakim mengunjungi ruangan ICU dan gawat darurat.

Lukman mengatkaan bahwa BPHI suda cukup baik. Ia mengatakan BPHI tersebut setara dengan rumah sakit tipe C dan mempunyai ruang rawat inap dengan kapasitas 150-160 pasien.

Ia mengharapkan BPHI bisa membantu jamaah haji yang sakit. (*)

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014