Jakarta (ANTARA News) - Ratusan warga yang berasal dari berbagai daerah pada Senin sore melakukan aksi damai menunggu disahkannya Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (DOB).

Mereka berkumpul di lobi Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Senin. Terlihat ratusan warga seperti dari Manokwari dan Lahat Sumatra Selatan.

"Kami sudah 10 tahun mengajukan pemekaran Kikim Area. Kami ajukan persyaratan. Kami dapat kabar, awalnya masuk DOB, tapi tanggal 26 tak masuk," kata tokoh pemekaran Kikim Area, Ahmad Yani di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan sudah mengetahui bahwa Komisi II DPR RI menunda pengesahan DOB yang dijadwalkan hari ini.

"Kami sudah tahu kalau pengesahan DOB hari ini dibatalkan untuk seluruh Indonesia. Tapi kami perlu surat agar penundaan itu bisa kami bawa ke daerah untukdijelaskan kepada masyarakat Kikim Area," imbuh Yani.

Masyarakat asal Manokwari juga ikut aksi tersebut tapi mereka berkumpul di lapangan sepak bola, yang tak jauh dari lobi Nusantara II DPR RI.

Sejumlah petugas keamanan dalam dan polisi ditempatkan di pintu masuk Gedung Nusantara II, tempat rapat paripurna DPR RI berlangsung.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014