Ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif optimistis target kunjungan wisman sebesar 20 juta kunjungan pada 2019 bisa tercapai.

"Kita tentu harus kerja keras. Dengan dukungan leadership yang kuat, mestinya bisa," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dalam diskusi bertajuk Maritim Wisata Bahari, Bisnis dan Investasi Masa Kini di Jakarta, Senin.

Dari target perolehan tersebut, menurut dia, sebagian besar ditargetkan dari pariwisata bahari. Pihaknya mencatat, pertumbuhan rata-rata kunjungan wisman ke Tanah Air mencapai 10 persen hingga 17 persen.

Menurut dia, dengan perbaikan kualitas tujuan pariwisata, akses infrastruktur, regulasi dan dukungan pemerintah, target kunjungan pariwisata sebesar 20 juta pada 2019 tersebut bukanlah hal yang mustahil.

Optimisme ini, menurut Sapta, karena ia melihat pemerintahan mendatang akan memberikan perhatian lebih pada sektor pariwisata. "Kelihatannya Pak Jokowi concern dengan pariwisata, spesifiknya terhadap pariwisata bahari," katanya.

Indonesia yang terdiri atas banyak kepulauan dan pantai-pantai yang indah merupakan potensi pariwisata bahari yang layak dikembangkan.

Menurut dia, kebijakan-kebijakan yang mendukung peningkatan pariwisata bahari sebenarnya telah ada. Namun juga dibutuhkan pemerintah yang mendukung secara penuh dan kemauan untuk mengimplementasikan kebijakannya dengan baik.

Pengembangan pariwisata lima tahun ke depan, sesuai dengan program presiden terpilih Joko Widodo yang menargetkan kunjungan wisman sebesar 20 juta pada 2019 merupakan tantangan dalam menjadikan sektor pariwisata sebagai tumpuan perekonomian nasional.

"Ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia. Dengan kunjungan 20 juta, maka diprediksi sektor pariwisata bisa menyumbangkan tambahan devisa hingga Rp240 triliun," kata Sapta.

Indonesia memiliki 17.508 pulau dari Sabang hingga Merauke namun baru beberapa objek wisata saja yang baru digarap secara maksimal, di antaranya Bali, Lombok, Raja Ampat, Kepulauan Mentawai, Wakatobi dan Pulau Komodo sehingga menjadi daya tarik wisatawan dunia.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014