Venice (ANTARA News) - Aktor Amerika Serikat George Clooney dan pengacara hak asasi manusia kelahiran Lebanon Amal Alamuddin meresmikan pernikahan mereka di Venice, Italia, Senin, merampungkan rangkaian upacara pernikahan akhir pekan pasangan itu.

Keduanya, yang menikah dalam satu pesta gemerlap Sabtu malam, menghabiskan waktu 10 menit di dalam balaikota abad ke-14 kota itu untuk mendaftarkan pernikahan mereka di catatan sipil.

Upacara itu diawali sambutan oleh mantan Walikota Roma dan sahabat dekat Walter Veltroni.

Alamuddin, 36 tahun, mengenakan gaun pengantin putih dengan topi putih berpita hitam. Clooney, 53 tahun, yang dijuluki sampai kini sebagai bujangan paling terkenal di dunia mengenakan busana abu-abu terang.

Pasangan tersebut tiba dan pergi menggunakan taksi perahu cepat "Amore" yang mereka gunakan selama akhir pekan. Mereka melambaikan tangan dan tersenyum kepada para fotografer yang berada di perahu-perahu lain dan orang-orang yang ingin menyaksikan perkawinan mereka sepanjang Grand Canal.

Upacara singkat itu mengakhiri status "jomblo" pemenang piala Oscar dua kali itu. Beberapa tahun lalu ia dilaporkan bertaruh sebesar 100.000 dolar dengan aktris Michelle Pfeiffer bahwa ia tak akan pernah menikah lagi setelah perceraiannya pada 1993 dari aktris Talia Balsam.

Alamuddin, dan Clooney, pria kelahiran Kentucky, yang membintangi film seri sinetron "ER", telah menarik perhatian khalayak yang mengunjungi kanal dan istana di Venice sejak Jumat, ketika mereka tiba untuk menyelenggarakan berbagai acara selama empat hari.

Pasangan itu bersama dengan para bintang papan atas seperti aktor Matt Damon dan Bill Murray, penyanyi Bono, editor majalah Vogue Anna Wintour dan model Cindy Crawford telah mengunjungi tempat-tempat terkenal antara hotel-hotel mewah, mengubah Venice menjadi Hollywood di Adriatik.

Alamuddin telah mewakili mantan Perdana Menteri Ukraina Yulia Tymoshenko di pengadilan HAM Eropa dan pendiri Wikileaks Julian Assange dalam proses ektradisi.

Keluarganya meninggalkan Lebanon selama perang saudara 1975-1990 untuk menetap di Inggris, dan dia juga menjadi penasehat bagi mantan Sekjen PBB Kofi Annan mengenai konflik di Suriah, satu isu yang Clooney telah berbicara di depan umum.

Clooney juga memimpin kampanye bagi nasib pengungsi di Darfur, Sudan, dan diperkirakan akan menyumbangkan uang yang diperolehnya dari penjualan hak foto-foto perkawinan pasanagan itu, demikian Reuters.

(M016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014