Jakarta (ANTARA News) - Onno Center meluncurkan metode belajar berbasis Internet atau yang biasa disebut cyberlearning untuk masyarakat luas guna memudahkan kegiatan belajar mengajar secara dalam jaringan (online).

"Cyberlearning ini didesain untuk kuliah online secara gratis yang cepat, efisien, dan terjangkau hingga pelosok desa," kata Ketua Onno Center, Onno Widodo Purbo, di Jakarta, Senin.

Onno mengatakan, cyberlearning garapannya menyediakan materi kuliah berbentuk dokumen yang berisi teks dan gambar yang bisa diunduh langsung oleh masyarakat sehingga lebih efisien dalam hal waktu serta biaya kuliah.

Lanjut dia, agar kegiatan belajar mengajar lebih interaktif juga disediakan forum untuk memudahkan diskusi bagi peserta kuliah.

"Masyarakat bisa melakukan tanya jawab dengan saya dari tempat terpisah. Asal terhubung dengan internet saja," kata alumni teknik elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1981 itu.

Onno menuturkan, saat ini materi kuliah yang bisa diikuti masyarakat di antaranya jaringan komputer, sistem operasi, e-business, namun dinilainya akan terus dikembangkan untuk kuliah-kuliah umum yang lain.

Pakar micro-chips dan jejaring komputer lulusan program doktoral di Universitas McMaster di Kanada itu menyatakan, "Istilahnya kalau ada dosen yang mau bikin kuliah online, kita fasilitasi. Tapi untuk saat ini kita kembangkan materi kuliah teknologi informasi dulu."

Tak hanya itu, ia mengemukakan, selain efisiensi waktu kuliah, metode belajar cyber learning juga tidak membatasi jumlah peserta yang mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Sejak diluncurkan satu pekan lalu. ia menambahkan, peserta yang mendaftar sudah mencapai delapan ribu orang dan jumlah tersebut masih terus bertambah. (*)

Pewarta: Adimas Raditya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014