Jakarta (ANTARA News) - Tiga federasi serikat pekerja BUMN melakukan kongres konfederasi pada 29-30 September 2014 membahas AD/ART dan pemilihan pengurus konfederasi tersebut, kata ketua umum FSP Sinergi BUMN, Ahmad Irfan Nasution.

"Selasa (30/9) ini presiden terpilih Joko Widodo dijadwalkan melantik pengurus Konfederasi Serikat Pekerja (KSP) Badan Usaha Milik Negara yang pertama," kata Ahmad Irfan yang juga Ketua Umum Sekarga (Serikat Karyawan Garuda Indonesia) di Jakarta, Senin malam.

Menurut Ahmad, tiga federasi serikat pekerja (SP) BUMN yang sepakat membentuk konfederasi SP BUMN adalah Federasi Serikat Pekerja (FSP) Sinergi BUMN, Federasi Pupuk Indonesia, dan Federasi SP Pelabuhan dan Pengerukan Indonesia.

Federasi tersebut memiliki jaringan atau membawahi 44 SP BUMN, kata Ahmad yang juga ketua panitia kegiatan tersebut, seraya menambahkan satu federasi SP Perkebunan juga akan bergabung dengan KSP BUMN ini.

"Ini merupakan yang pertama kali SP dan Federasi BUMN mempunyai kesadaran dan semangat perjuangan untuk mendirikan Konfederasi SP BUMN di Indonesia," kata Ahmad.

Kongres nasional ini juga mengadakan seminar pada 30 September yang akan dihadiri oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Menteri Tenaga Kerja RI Muhaimin Iskandar serta beberapa Direksi BUMN.

Menurut data Kementerian Badan Usaha Milik Negara, di Indonesia terdapat 141 BUMN.
(B005/T007) 

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014