Teheran (ANTARA News) - Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Rusia Vladimir Putin Senin mengadakan pembicaraan mengenai cara-cara untuk mengembangkan kerja sama ekonomi Teheran-Moskow.

Mereka meninjau hubungan bilateral di sela-sela pertemuan puncak para pemimpin dari daerah pesisir Laut Kaspia di Astrakhan, Rusia. Ini adalah pertemuan keempat kedua presiden dalam waktu satu tahun.

Rouhani mengatakan, kesepakatan yang dicapai di Konferensi Tingkat Tinggi Astrakhan adalah indikasi kuat dari kesatuan lima negara pantai itu untuk kerja sama ekonomi demi kepentingan bersama.

Presiden menyebut pertemuan yang berbeda antara dua presiden dan pejabat senior lainnya dari Iran dan Rusia sebagai tanda penentuan kedua belah pihak untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

Presiden Rusia, pada bagiannya, memuji upaya yang dilakukan oleh Presiden Rouhani dan pemerintahannya untuk memperdalam hubungan dengan Rusia.

"Iran dan Rusia menikmati sikap yang erat pada banyak isu regional dan internasional yang berbeda. Mereka menganggap peningkatan kerja sama antara kedua negara merupakan faktor utama untuk pemeliharaan stabilitas dan keamanan di Asia Tengah dan Timur Tengah," kata Putin.

Putin mengatakan bahwa kesepakatan yang dicapai oleh lima presiden selama dua hari di KTT Laut Kaspia, Astrakhan mengenai keamanan laut yang terkurung daratan adalah pencapaian utama dari KTT tersebut.
(AK)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014