Jayapura (ANTARA News) - Ribuan pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK di Kota Jayapura, Papua akan hadir di Stadion Mandala untuk mendukung Persipura menjamu klub Kuwait Al Qadsia pada semi final kedua Piala AFC, Selasa sore.

Menjelang pertandingan di ibu kota Provinsi Papua itu, para pelajar berdatangan dari lima distrik antara lain Abepura dan Jayapura Selatan.

Para pelajar itu ada yang datang menggunakan sepeda motor, mobil dan bus yang dikoordinir oleh pengurus kesiswaan dan OSIS setiap sekolah.

Mereka menempati tribun penonton liberpool di bagian timur Stadion Mandala Kota Jayapura.

Kepala SMAN 4 Kota Jayapura I Wayan Mudayasa mengatakan mengutus sebanyak 800 pelajarnya untuk memberikan dukungan dan menyaksikan langsung tim Persipura Jayapura bertanding di Stadion Mandala.

"Sebagai bentuk dukungan dan kecintaan akan dunia olahraga khususnya sepak bola, SMAN 4 KOta Jayapura mengutus sekitar 800 pelajar ke Mandala yang akan di koordinir oleh Kesiswaaan OSIS," katanya ketika dihubungi lewat telepon seluler.

Ia mengaku telah dihubungi resmi oleh salah satu pengurus tim Persipura Jayapura sehari sebelumnya untuk memberikan dukungan langsung kepada skuad Mutiara Hitam yang akan menjamu Al Qadsia.

"Tentunya, kami menyambut baik undangan dan permintaan dari Persipura. Pelajar yang kami utus itu, tentunya setelah melaksanakan kegiatan belajar mengajar," katanya.

Secara terpisah, Kepala SMPN 1 Kota Jayapura, Alex Deu, S.Pd mengatakan sebanyak 150 pelajar dengan menggunakan atribut seragam olahraga dan bendera merah putih telah ke Stadion Mandala.

"Sekolah kami ikut ambil bagian untuk memberikan dukungan langsung kepada Persipura. Ini juga sebagai bentuk mensosialisasikan olahraga sepak bola kepada para pelajar. Dan kami juga membawa sejumlah bendera merah putih ukuran 4x6 meter untuk turut meramaikan di tribun penonton," katanya.

Sementara itu, Kepala Pendidikan Menengah (Dikmen) Kota Jayapura Cliford Korwa membenarkan adanya imbauan kepada sejumlah sekolah tingkat pertama dan menengah/kejuruan untuk mendukung Persipura.

"Iya, semua sekolah diharapkan berpartisipasi. Yang tentunya semua itu disesuaikan dengan kegiatan yang ada di sekolah masing-masing," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano telah menyatakan menggratiskan tribun penonton "liverpool" bagi pelajar SMP dan SMA/SMK saat skuad asuhan Jacksen F Tiago menjamu Al Qadsia di Mandala Jayapura.

Laga kedua, semi final Piala AFC antara tuan rumah Persipura Jayapura menjamu tamunya Al Qadsia dijadwalkan pada Selasa sore sekitar pukul 15.30 WIT hingga selesai di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua.

Pada pertemuan pertama di Kuwait, Persipura Jayapura dikalahkan 2-4 oleh tuan rumah Al Qadsia. Boaz TE Salossa dan kawan-kawan diharapkan bisa meraih kemenangan dengan skor minimal 2-0 atau 3-1, jika ingin mencetak sejarah melangkah ke final Piala AFC 2014.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014