Jakarta (ANTARA News) - Lembaga nirlaba pengelola dana sosial Dompet Dhuafa akan mengumpulkan dana Rp1 miliar dari masyarakat supaya bisa mengirim 500 domba ke Gaza, Palestina, Idul Adha tahun ini.

Direktur program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, Herman Budiarto, mengungkapkan lembaganya menargetkan bisa menyalurkan daging domba kepada 4.000 kepala keluarga di Gaza.

"Targetnya 500 ekor domba. Setiap ekor akan disalurkan kepada sekitar 20 kepala keluarga, sehingga perkiraannya cukup untuk dinikmati 4.000 kepala keluarga," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Herman menjelaskan lembaganya mulai mengumpulkan dana untuk pengadaan domba bagi warga Gaza sejak 26 September lalu dan berharap bisa mengumpulkan dana Rp1 miliar lima hari sebelum Idul Adha.

Dompet Dhuafa, menurut dia, bekerja sama dengan Palestinian Welfare House untuk menentukan keluarga penerima dan menyalurkan daging hewan kurban di Gaza.

Lembaga pengelola dana sosial itu memilih mengirimkan hewan korban ke Gaza karena kondisi masyarakat di wilayah kantung Palestina itu memprihatinkan usai agresi militer Israel.

Selain untuk Gaza, ia menjelaskan, Dompet Dhuafa juga akan menyalurkan hewan kurban di 33 provinsi di Indonesia dengan target menjangkau 4.155 desa, 375 kecamatan dan 214 kabupaten.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014