Malang (ANTARA News) - Pelatih Arema, Suharno selama perhelatan babak delapan besar Liga Super Indonesia (LSI) menerapkan denda bagi pemain yang melanggar disiplin alias indisipliner sebesar Rp200 ribu hingga Rp5 juta.

"Ada beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi pemain, apalagi peraturan ini dirumuskan dan disepakati bersama antara pemain dan pelatih. Peraturan yang wajib ditaati itu adalah waktu, seragam (jersey), izin keluar, dan penggunaan handphone," kata Suharno di Malang, Jatim, Selasa.

Ia mengaku denda sebesar Rp200 ribu hingga Rp5 juta tersebut telah disepakati bersama antara pemain dan tim pelatih. Nominal denda yang diberlakukan disesuaikan dengan bentuk pelanggarannya.

Suharno menjelaskan pemain wajib datang tepat waktu saat latihan, makan, pertemuan dan disiplin jam malam. Untuk yang melanggar akan didenda sebanyak Rp200.000.

Pemain juga diminta untuk tidak menggunakan "handphone" saat tim berkumpul, ketika makan dan rapat tim karena dendanya juga sebesar Rp200 ribu.

Denda yang paling berat adalah aturan anggota tim pemain atau pelatih yang keluar hotel dan tidak menginap di hotel tanpa izin. Untuk anggota tim yang keluar hotel tanpa izin dikenakan denda sebesar Rp500.000 dan yang tidak menginap di hotel dikenakan denda sebesar Rp5 juta.

Selain itu, lanjutnya, juga diberlakukan jam malam maksimal pukul 22.00 WIB, pemain harus berada di hotel. "Yang tidak menaati aturan itu pasti sudah tahu risikonya dan sanksi yang bakal dijatuhkan," ujarnya.

Aturan tersebut diterapkan saat Arema melakoni pertandingan luar kandang (away), bahkan sekarang sudah diterapkan bagi Cristian Gonzales dkk ketika menjalani pemusatan latihan (TC) selama tiga hari (28-30/9) di Kusuma Agrowisata Batu.

"Kami ingin semuanya disiplin dalam segala ha, baik pemain maupun tim pelatih sendiri. Aturan ini kami terapkan saat tur tandang dan menjadi aturan baku yang wajib dipatuhi, bagi yang melanggar akan dikenakan denda," tegasnya.

Saat ini Arema terus mematangkan teknik dan strategi serta meningkatkan kekompakan tim dengan menjalani TC di Batu sebagai persiapan pertandingan babak delapan besar LSI.

Arema bakal menghadapi Semen Padang di Stadion Kanjuruhan Kepanjen Sabtu (4/10) pada laga perdananya di babak delapan besar.

(E009/C004)

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014