Ada pemberitahuan dua ormas dengan sekitar 700 orang akan melakukan demo di depan DPRD Jakarta, dua ormas yang akan berdemo adalah Forum Betawi Bersatu (FBB) dan Forum Betawi Rempug (FBR),"
Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 700 orang dari dua organisasi masyarakat akan berdemonstrasi pada Rabu (1/10) di depan Gedung DPRD Jakarta untuk menolak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Ada pemberitahuan dua ormas dengan sekitar 700 orang akan melakukan demo di depan DPRD Jakarta, dua ormas yang akan berdemo adalah Forum Betawi Bersatu (FBB) dan Forum Betawi Rempug (FBR)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan kepolisian akan mengerahkan ratusan personeil di Gedung DPRD dan Balai Kota untuk mengamankan aksi demonstrasi Rabu hari.

Rikwanto menambahkan untuk penutupan dan pengalihan arus lalu lintas akibat demo tersebut bersifat situasional.

"Untuk unjuk rasa di gedung DPR saat pelantikan anggota DPR, MPR dan DPD belum ada pemberitahuan tapi di Gedung DPRD jakarta sudah ada pemberitahuan aksi unjuk rasa," ujar Rikwanto.

Sebelumnya sekitar 500 orang tergabung dalam Front Pembela Islam (FPI) mendatangi kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI dan Gedung DPRD Jakarta pada (24/9).

Mereka menolak Ahok menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo yang terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia dengan wakil presidennya Jusuf Kalla.

Pada demo yang dilakukan FPI tersebut sempat terjadi insiden pemukulan kepada seorang wanita pengendara sepeda motor yang mencoba melewati kerumunan pendemo.

(SDP-72/J008)

Pewarta: Hafidz Mubarak
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014