Mulai besok (1/10) penumpang Garuda Indonesia akan langsung membayarkan airport tax ke Angkasa Pura, sedangkan biaya tiket yang harus dibayarkan oleh calon penumpang ke Garuda Indonesia akan disesuaikan dengan tujuan perjalanan,"
Ambon (ANTARA News) - Terhitung 1 Oktober 2014 calon penumpang maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membayar airport tax di bandara, tidak lagi tercantum pada tiket, kata General Manager PT Garuda Indonesia cabang Ambon, Sonny Pongoh.

"Mulai besok (1/10) penumpang Garuda Indonesia akan langsung membayarkan airport tax ke Angkasa Pura, sedangkan biaya tiket yang harus dibayarkan oleh calon penumpang ke Garuda Indonesia akan disesuaikan dengan tujuan perjalanan," katanya di Ambon, Selasa.

Menurut dia, awalnya biaya airport tax sesuai anjuran pemerintah masuk dalam harga tiket, tetapi kerjasama tersebut akan berakhir sehingga pembayaran langsung dilakukan di loket saat keberangkatan.

Kebijakan pemisahan airport tax tersebut berlaku secara nasional, untuk penerbangan domestik ataupun mancanegara, dan biayanya ditentukan setiap bandara.

"Bagi calon penumpang yang telah membeli tiket satu minggu sebelum 1 Oktober tidak dikenakan pembayaran airport tax, tetapi yang baru membeli dua hari lalu akan dikenakan tambahan," katanya.

Sonny mengatakan, kesan yang selama ini timbul di masyarakat adalah harga tiket Garuda Indonesia lebih mahal dibandingkan dengan maskapai penerbangan yang lain.

"Kebijakan tersebut menciptakan kesan tiket garuda lebih mahal, karena biaya tersebut dimasukan dalam tiket sehingga terkesan mahal, sementara penerbangan lain kelihatan murah padahal belum termasuk airport tax," ujarnya.

Ia mengakui, dalam pelaksanaan pihaknya harus mengeluarkan biaya tambahan yang seharusnya tidak perlu dilakukan, dan berdampak pada timbulnya kerugian.

Kerugian tersebut, lanjutnya timbul karena tidak adanya penyelarasan airport tax pada tiket bagi penerbangan internasional.

Manajer PT Angkasa Pura I (persero) bandara Pattimura Ambon, Halendra Woworuntu mengatakan, pihaknya baru melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kebijakan baru tersebut.

"Kami berupaya memasyarakatkan sistem pembayaran baru airport tax bagi penumpang Garuda Indonesia kepada Angkasa Pura, setelah sebelumnya termasuk dalam tiket," katanya.(*)

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014