Bekasi (ANTARA News) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi Bekasi, Jawa Barat, memindahkan instalasi pipa distribusi air yang tertanam di sekitar bendung Kali Bekasi akibat adanya proyek normalisasi.

"Kami sengaja memindahkan pipanya karena khawatir terjadi kerusakan yang lebih parah akibat benturan alat berat proyek normalisasi Kali Bekasi," kata Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Bhagasasi Endang Kurnaen di Bekasi, Selasa.

Menurutnya, kerusakan pipa bisa berdampak pada terganggunya proses distribusi air kepada para pelanggan di Kecamatan Bekasi Barat dan Bekasi Selatan.

"Sebagian pipa saat ini sudah ada yang mengalami pecah sehingga distribusi air ke dua wilayah setempat mengecil," katanya.

Endang mengaku sangat menyesali adanya insiden itu, mengingat proyek normalisasi Kali Bekasi tidak melakukan koordinasi awal dengan pihaknya.

Namun demikian, pihaknya berinisiatif menggeser keberadaan pipa yang rentan mengalami kerusakan itu ke lokasi yang lebih aman.

"Pipa distribusi kami berdiameter sekitar 500 milimeter kita geser ke bagian atas bantaran Kali Bekasi sejauh 20 meter dari lokasi proyek," katanya.

Dia memperkirakan, pemindahan pipa tersebut akan rampung dalam waktu dekat.

"Saya berharap proses pemindahan ini tidak sampai mengganggu distribusi air pelanggan," katanya.

(KR-AFR/F006)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014