Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PP PBSI Anton Subowo mengharapkan prestasi gemilang tim bulu tangkis Indonesia di ajang Asian Games Incheon 2014 bisa berlanjut ke Olimpiade di Rio de Janeiro pada 2016.

"Kita lihat sendiri bagaimana sulitnya Merah Putih berkibar dan Indonesia Raya berkumandang di Asian Games 2014. Namun PBSI sanggup memberikan yang terbaik, terima kasih atas dukungan semua pihak," katanya seperti dilansir dari situs resmi PP PBSI di Jakarta, Selasa.

Dalam Asian Games Incheon 2014, tim bulu tangkis Indonesia berhasil membawa pulang empat medali, yakni dua emas, satu perak dan satu perunggu. Pencapaian itu berhasil memenuhi target yang telah ditetapkan.

Anton berharap hasil tim Bulu Tangkis itu akan dapat memacu atlet Indonesia untuk semakin giat berlatih. "Semua aspek seperti fisik, mental dan lainnya harus diperbaiki dan mudah-mudahan kami bisa membawa hasil terbaik dari Olimpiade Rio de Janeiro 2016," katanya.

Atas nama PP PBSI, Anton yang ikut menyambut kontingen bulu tangkis dari Incheon memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada atlet, pelatih serta manajer yang berhasil menorehkan prestasi di Asian Games.

"Terima kasih atas pengabdian tinggi untuk negara dengan membawa dua medali emas, satu medali perak serta satu medali perunggu," katanya.

Tim bulu tangkis Indonesia tiba Senin (30/9) malam dari Incheon, Korea Selatan dan langsung disambut meriah oleh keluarga besar PP PBSI di terminal kedatangan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Acara penyambutan dibuka dengan pengalungan bunga kepada para atlet, pelatih serta ofisial, termasuk kepada peraih medali.

Tim bulu tangkis Indonesia membawa pulang dua medali emas dari pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sementara satu medali perak disumbangkan oleh pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Ada pun pasangan ganda campuran lain, Praveen Jordan/Debby Susanto berhasil menyumbangkan perunggu.

Meski berhasil memenuhi target yang telah ditetapkan, perkiraan meleset di nomor ganda campuran. Pasangan Tontowi/Liliyana yang ditargetkan meraih emas, harus rela membawa pulang medali perak.

Kendati demikian, pencapaian diraih sektor ganda putri Greysia/Nitya yang justru berhasil memboyong emas dari target perunggu.

"Terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung tim bulu tangkis sehingga kami bisa menyumbang empat medali. Semoga prestasi ini dapat menginspirasi cabang olahraga lain dan memotivasi adik-adik yang masih junior, dan semoga bulu tangkis semakin berjaya," kata manajer tim bulu tangkis, Lius Pongoh.
(A062/E011)

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014