Semua personel polisi sudah siaga dan siap baik di dalam gedung maupun di luar gedung...
Jakarta (ANTARA News) - Sembilan ribu polisi dari Polda Metro Jaya diturunkan untuk mengamankan pelantikan anggota DPR/DPD di Gedung DPR/MPR Jakarta, Rabu.

"Hari ini ada pelantikan anggota DPR/DPD dan kami sebagai unsur penegak hukum harus melakukan pengamanan untuk kelancaran pelantikan tersebut," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan ribuan personel Polri itu melakukan pengamanan di tiga tempat yaitu di dalam ruang sidang, sekitar kawasan gedung dan di luar gedung DPR/MPR.

Pengamanan itu dimaksudkan untuk menjaga pelantikan berjalan lancar tanpa ada kendala. Selain itu juga untuk penghalau massa yang ingin melakukan demontrasi.

"Semua personel polisi sudah siaga dan siap baik di dalam gedung maupun di luar gedung untuk mengamankan jalannya pelantikan tersebut," tuturnya kepada Antara.

Ia mengatakan, Dikatakannya, selain anggota polisi ada juga dari unsur lain yang ikut membantu pengamanan kegiatan tersebut di antaranya personil Satuan Polisi Pamong Praja, TNI serta instansi terkait.

"Kami berharap acara pelantikan anggota DPR/DPD ini berjalan lancar hingga selesai dan untuk massa yang berdemo diharapkan melakukan aksi damai dan jangan anarkis," ucapnya.

Rikwanto juga mengatakan Polda Metro Jaya juga menurunkan tiga jenis kendaraan berat lapis baja di antaranya K9, mobil Baracuda dan mobil Water Canon yang disiagakan di seputaran Gadung DPR/MPR.

Sementara itu pantauan Antara, terlihat personil polisi dan Satuan Polisi Pamong Praja bersiaga di depan luar pagar Gedung DPR/MPR untuk menahan aksi demontrasi yang direncanakan bakal ada.

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014