Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPD RI terpilih berusia tertua Mudaffar Sjah (79) dan anggota DPD RI termuda Riri Damayanti (24) menjadi pemimpin  sementara rapat paripurna pelantikan dan pengambilan sumpah janji anggota DPD RI 2014-2019 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, hari ini.

Mudaffar Sjah adalah anggota terpilih DPD RI dari Provinsi Maluku Utara, sedangkan Riri Damayanti dari
Provinsi Bengkulu.

Mengenakan busana warna pink muda, Riri Damayanti membacakan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah 132 anggota DPD RI terpilih periode 2014-2019.

Setelah itu, Mudaffar dan Riri kembali ke kursi anggota untuk dilantik dan disumpah.

Kemudian, Sekretaris Jenderal DPD RI, Soedarsono Hardjosoekarto membacakan petikan keputusan Presiden Republik Indonesia tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah anggota DPD RI periode 2014-2019.

Setelah itu, pengambilan sumpah janji diucapkan dengan dipandu Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali dengan disaksikan para rohaniawan.

Pengucapan sumpah dan janji, dilakukan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing anggota terpilih.

Sumpah yang dibacakan oleh Ketua Mahkamah Agung antara lain, "Saya berjanji akan menjalani tugas dan kewajiban sebagai anggota DPR RI dan DPD RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan amanah UUD 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban, akan bekerja secara sungguh-sungguh demi kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangakn aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia."


Setelah itu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan janji anggota MPR RI yakni meliputi anggota DPR RI dan DPD RI.




Pewarta: Riza Harahap
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014