Incheon, Korea Selatan (ANTARA News) - Perhelatan olah raga terbesar Asia, Asian Games Incheon di Korea Selatan, ternyata juga dinodai serangkaian kasus doping sejumlah atletnya yang diantaranya membuat Indonesia meraih emas setelah seorang atlet Malaysia dibatalkan medali emasnya karena tersangkut doping.

Dan ini adalah daftar atlet Asian Games yang positif menggunakan doping setelah menjalani uji obat-obatan terhadap mereka, seperti dilaporkan AFP:

  - Pesepakbola Tajikistanr Khurshed Beknazarov dinyatakan positif menelan methylhexaneamine ketika laga pembuka melawan Singapura 14 September lalu. Bek berusia 20 tahun ini dilarang tampil dalam semua aktivitas sepak bola oleh Konfederasi Sepak Bola Asia.

- Atlet soft tennis Kamboja Yi Sophany (18) positif menggunakan stimulan sibutramine setelah diuji pada 16 September sebelum kompetisi ini dimulai.

- Peraih medali emas wushu dari Malaysia Tai Cheau dinyatakan positif mengonsumsi sibutramine setelah diuji pada 20 September atau setelah dia menjuarai nomor nandao dan nanquan all-round puteri.  Semestinya ini menjadi medali emas pertama Malaysia di Asian Games Incheon.

- Petinju kelas berat Irak Mohammed al Aifuri yang menduduki urutan ketujuh kelas berat super dinyatakan positif mengandung steroid.

- Karateka Suriah Nour-Aldin al-Kurdi (19) terbukti positit mengonsumsi dlenbuterol dan sudah didiskualifikasi sebelum pertandingan dimulai.





Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014