... mengembangkan solusi teknologi yang dapat mengatasi berbagai tantangan perkotaan... "
Makassar (ANTARA News) - Microsoft CityNext sebagai LSM internasional siap mendukung Kota Makassar menjadi salah satu kota cerdas di Indonesia.

"Untuk mendukung itu, kami bermitra dengan pemerintah Kota Makassar dan Universitas Hasanuddin dalam mengembangkan solusi teknologi yang dapat mengatasi berbagai tantangan perkotaan," kata Wakil Presiden Divisi Sektor Publik Asia Microsoft, Stefan Sjostrom, di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, aplikasi perangkat lunak Microsoft ini akan menjadi kekuatan yang menghubungkan jutaan orang dengan data dan layanan.

Menurut dia, perangkat yang disiapkan melalui aplikasi App Appathon juga mendukung transfer pengetahuan teknologi informasi dan teknologi melalui program pelatihan bagi pelatih untuk guru-guru SMA dan dosen di universitas.

Selain itu, kini 500 orang pemuda dan siswa SMA, serta universitas di Kota Makassar duduk bersama mengembangkan aplikasi berbasis web dan perangkat bergerak untuk memenuhi kebutuhan sosial ekonomi warga Kota Makassar.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto, mengatakan, Makassar  salah satu kota urban terbesar di Indoesia. Karena itu, pihaknya melakukan pendekatan IT dalam menyelesaikan masalah perkotaan tanpa meninggalkan kearifan lokal.

Menurut dia, sedikitnya sembilan isu yang akan menjadi dasar dari pembuatan aplikasi di CityApp Appathon yakni bebas pengangguran, jaminan sosial keluarga, layanan kesehatan 24 jam, tabungan pendidikan dan program menukar sampah dengan beras.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014