Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI periode 2009-2014 Marzuki Alie mengatakan pihaknya telah menyiapkan perangkat serta sejumlah bentuk reformasi terhadap Sekretariat Jenderal DPR guna membantu kinerja anggota DPR 2014-2019.

"Kami telah menyiapkan perangkat agar DPR yang akan datang bisa bekerja lebih baik," kata Marzuki Alie setelah mengikuti acara Peringatan Kesaktian Hari Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur, Rabu.

Menurut Marzuki, persiapan itu antara lain terkait dengan rencana reformasi kesetjenan dewan serta rencana pembentukan badan fungsional keahlian agar kinerja legislasi semakin baik.

Tugas badan teknis itu, ujar dia, adalah membantu fungsi DPR dalam menyusun rancangan dan draf undang-undang yang merupakan tugas pokok legislatif.

Ia mengemukakan, hal itu antara lain karena DPR rata-rata terdiri atas orang-orang politik yang relatif masih ada yang sukar dalam menyelesaikan pekerjaan di bidang hukum terkait pembuatan perundangan.

Sebelumnya, Marzuki Alie mengapresiasi para peserta anggota DPR baru terpilih yang sudah mengikuti pemantapan dan pembekalan tentang wawasan kebangsaan yang digelar Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) untuk memperkuat watak dan karakter legislator tersebut.

"Di tengah proses demokratisasi yang dianut Indonesia, tanggung jawab dan tantangan tugas anggota DPR semakin berat. Dampaknya, tarik-menarik kepentingan juga bertambah kompleks. Hal ini harus disikapi secara cerdas dan bijak agar eksesnya tidak menimbulkan disharmonisasi antarlembaga negara," kata Marzuki usai penutupan pembekalan dan pemantapan bagi anggota DPR yang baru terpilih periode 2014-2019 di gedung Lemhannas, Jakarta, Jumat (5/9).

Politikus Partai Demokrat itu menyatakan, fungsi DPR sekarang relatif cukup kuat.

"Kalau dulu DPR hanya menjadi stempel pemerintahan, sekarang posisi beralih menjadi pengontrol eksekutif," katanya.

Oleh karena itu, tugas dan perannya semakin besar, lanjutnya, mau tidak mau para anggota dewan yang berkantor di Senayan untuk memperkuat kapabilitas dan wawasan lantaran ke depannya akan saling berinteraksi secara intens dengan mitra pemerintahan.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014