Idealnya memang tidak ada lagi yang bekerja di luar negeri
Jakarta (ANTARA News) - Artis Rahayu Saraswati yang juga keponakan Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto berjanji akan memperjuangkan penyelamatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari perdagangan manusia lewat jalur legislatif atau DPR RI.

"Saya aktivis antiperdagangan manusia, saya peduli terhadap hal itu," ujar perempuan yang akrab disapa Sara itu di sela pelantikan anggota DPR RI di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, Sara mengaku ingin masuk Komisi VIII yang menaungi permasalahan itu. "Saya juga peduli terhadap permasalahan perempuan dan anak," katanya.

Dia menambahkan seseorang yang dilanda permasalahan sosial ekonomi sangat rentan menjadi korban perdagangan manusia.

Dia dengan lugas menyebut beberapa daerah yang menjadi kantong perdagangan manusia yakni Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

"Idealnya memang tidak ada lagi yang bekerja di luar negeri. Pemerintah menyediakan rakyat lapangan pekerjaan," kata perempuan yang pernah main dalam film layar lebar Merah Putih itu.

Untuk mengatasi masalah perdagangan manusia, lanjut dia, harus menelusuri lewat tiga jalur yakni daerah asal, daerah transit, dan daerah tujuan.

"Tapi yang lebih terpenting adalah layanan pendidikan harus ditingkatkan," kata caleg Gerindra dari dapil IV Jawa Tengah yang meraup 48.000 suara dari 167.000 suara Gerindra di provinsi itu.

Pewarta: Indriani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014