Surabaya (ANTARA News) - Jamaah haji asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mendoakan bangsa Indonesia yang sebentar lagi melaksanakan pergantian kepemimpinan nasional bisa melewati berbagai rintangan sehingga menjadi bangsa yang semakin maju dan sejahtera.

"Mari doakan semua elemen bangsa bisa kompak dan bahu-membahu membangun Indonesia, karena tantangan bangsa Indonesia ke depan semakin berat. Kita doakan Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla bisa memimpin bangsa kita menuju ke arah yang semakin baik," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melalui surat elektronik dari Tanah Suci kepada Antara di Surabaya, Rabu.

Anas (sapaan akrab Bupati Banyuwangi) yang sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci menyempatkan diri bertemu dan berdialog dengan jamaah haji asal Banyuwangi di Maktab Hotel Nasamat Alkhair Makkah.

Pada musim haji tahun ini, jumlah calon haji asal Banyuwangi yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 1.069 orang dan mereka terbagi dalam beberapa kelompok terbang.

Ketika bertemu dan berdialog dengan warganya, Anas mengajak mereka untuk turut mendoakan bangsa Indonesia yang sebentar lagi melaksanakan pergantian kepemimpinan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Presiden terpilih Joko Widodo.

"Saat ini situasi politik di Tanah Air cukup dinamis, terutama terkait polemik UU Pilkada. Mari kita doakan semua pihak bisa arif dan bijaksana menyikapinya," kata Anas.

Menurut dia, momentum mendoakan bangsa dari Tanah Suci sangat berharga, apalagi waktunya bertepatan masuk rangkaian Haji Akbar pada tahun ini.

"Saya juga mengajak jamaah untuk mendoakan kemajuan Banyuwangi. Dengan segala kekurangan dan kelebihan, Banyuwangi kini terus bergerak maju dan doakan agar Banyuwangi semakin maju," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyampaikan beberapa rencana pengembangan berbagai sektor di Banyuwangi, seperti sektor pertanian, pariwisata dan pembangunan infrastruktur, termasuk beberapa agenda besar yang akan berlangsung di daerah setempat tahun depan.

"Selain untuk berwisata, saat ini Banyuwangi juga mulai banyak dilirik untuk tempat rapat-rapat perusahaan dan kementerian. Ini semua dampaknya sangat positif bagi peningkatan ekonomi lokal," kata Abdullah Azwar Anas.

(D010/E011)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014