Sydney (ANTARA News/AFP) - Western Sydney Wanderers menjadi tim Australia kedua yang mencapai final Liga Champions Asia setelah mencatat kemenangan 2-0 atas FC Seoul di Sydney, Rabu.

Gol-gol dari Mateo Poljak dan Shannon Cole mengirim Wanderers melaju dengan kemenangan agregat 2-0 ke dua laga final melawan klub Arab Saudi Al Hilal.

Adelaide United pada 2008 merupakan klub Australia pertama yang tampil di final kompetisi sepak bola Asia itu.

Wanderers mendapatkan awal yang bagus saat pertandingan baru berjalan tiga menit saat tendangan voli Poljak dari luar kotak penalti tidak dapat diamankan dengan sempurna oleh tangan kiper Yu Sang-Hun.

Tim tuan rumah mendapat dua peluang lagi, tapi Brendon Santalab menyia-nyiakannya, sementara para pemain Korea terlihat lebih tenang dalam mengolah bola.

FC Seoul mendominasi penguasaan bola dan mendapat enam kali sepak pojok pada babak pertama, sementara Wanderers susah payah mempertahankan penguasaan bola.

Wanderers mengambil lebih banyak dari permainan itu pada babak kedua dan menciptakan gol mematikan melalui pemain bertahan Cole pada menit ke-64.

Dia menyundul bola hasil umpan silang Labinot Haliti, yang membuat FC Seoul memiliki tugas yang lebih sulit lagi untuk bisa mencapai final dengan harus mencetak dua gol.

Kekalahan FC Seoul setelah hasil imbang 0-0 pada laga pertama di kandang itu mengakhiri laju lima kali penampilan secara beruntun tim asal Korea di final Liga Champions.

Kemenangan Wanderers itu sebagian besar berkat pertahanan mereka yang sulit ditembus. Mereka mencapai final dengan tidak kebobolan kedelapan mereka dalam kompetisi tersebut.

Wanderers juga mencapai final Liga Champions Asia setelah hanya dua musim di Liga Australia di bawah pelatih Tony Popovic.

Klub Arab Saudi Al Hilal mencapai final Liga Champions Asia untuk pertama kalinya dalam 13 tahun pada Selasa lalu, meskipun kalah 1-2 oleh tim tuan rumah Uni Emirat Arab Al Ain pada laga kedua semifinal mereka. Al Hilal maju ke final berkat kemenangan agregat 4-2.

(Uu.I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014