Jakarta (ANTARA News) - Gagasan yang konkret  dan visioner tentang pembangunan kesehatan untuk Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) perlu mendapat masukan pemikiran dari berbagai pihak.

Inisiator Perdesaan Sehat Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, dr. Hanibal Hamidi, M.Kes, dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu, mengatakan, pihaknya saat ini sudah memberikan masukan kepada Pemerintah Jokowi-JK di bidang pembangunan kesehatan.

Hanibal menjelaskan, ada dua gagasan yang diperjuangkannya yakni rekonstruksi total sistem kesehatan nasional dan memastikan proses perekrutan sumber daya kesehatan yang bebas dari transaksional dalam pelayanan kesehatan.

Hanibal yang juga Ketua Pokja Perdesaan Sehat Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, mengatakan, Indonesia dijamin sehat bila 5 Pilar Perdesaan sehat tersedia dan berfungsi.

Menurutnya, lima pilar Perdesaan Sehat itu yakni tersedia dan berfungsinya dokter Puskesmas, bidan desa, tersedia air bersih untuk setiap rumah tangga, sanitasi dan gizi seimbang bagi ibu hamil, menyusui dan balita di daerah tertinggal.

Pada diskusi dengan topik " Membangun Negara dari Desa " yang diselenggarakan Merdesa Intitute, di Jakarta, kemariin, Hanibal Hamidi menegaskan membangun mulai dari desa sudah dilakukan oleh Kementerian Daerah Tertinggal melalui Program Perdesaan Sehat sejak 2 tahun yang lalu. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014