Swiss (ANTARA News) - Gol striker FC Basel, Marco Streller, di menit 52 membuat Basel menang tipis atas Liverpool 1-0 di Grup B Liga Champions, Kamis dini hari WIB.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Streller berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Liverpool, dan membawa Basel menang di kandangnya sendiri.

Mario Balotelli mengirim umpan ke Manquillo yang kemudian mengirim umpan silang ke Raheem Sterling yang tak terkawal di kotak pinalti. Tetapi Sterling lebih dulu terperangkap offside.

Xhaka mengambil tendangan pojok untuk Basel, tetapi langsung dibersihkan oleh pemain belakang Liverpool.

Menit 13 tendangan Stephen Gerrard diblok. Gerrard kehilangan bola di tepi kotak pinalti dan Streller mengambil kesempatan untuk menyerang balik, tetapi tendangannya diblok oleh Skrtel.

Sepuluh menit berselang Mignolet membuat penyelamatan untuk Liverpool. Elneny menerobos masuk dengan kaki kanannya kemudian dia menendang, tetapi kiper Liverpool mampu menghentikan tendangan itu.

Kali ini giliran Vaclik yang membuat penyelamatan. Dua bek Basel gagal menghentikan bola panjang Henderson dan mengarah ke Sterling, tetapi Vaclik berada di tempat yang tepat untuk menyelamatkan gawangnya.

Hingga babak pertama usai skor tetap imbang 0-0.

Menit 49 Balotelli membuat pelanggaran Serey Die dan menyebabkan tendangan bebas, tetapi bisa diselamatkan Mignolet.

Tiga menit kemudian Streller membuat Basel memimpin. Tendangan bebas Xhaka memantul kaki Skrtel, meskipin Mignolet menyelematkan dengan satu tangan, Streller cepat mengambil bola itu dan menendang bola ke gawang.

Liverpool balik menyerang lewat Markovic, tetapi bisa diselamatkan Vaclik.

Tertinggal membuat The Reds Liverpool gencar menyerang. Beberapa kali Balotelli dan Gerrard melepaskan tendangan tetapi meleset.

Basel mencari gol kedua lewat Steller, tetapi telah terperangkap offside lebih dulu.

Menit 82 dan 88 Balotelli mencoba menusuk Basel, tetapi sudah terperangkap offside.

Hingga babak kedua usai Basel mengklaim kemenangan pentin melawan tim Liga Inggris Liverpool. Pemain 33 tahun Marco Steller satu-satunya yang mencetak gol di pertandingan ini dan beberapa menciptakan peluang.

Menurut UEFA Basel dan Liverpool sama-sama melakukan tendangan ke arah gawang masing-masing lima kali.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti dikutip di goal.com.

Basel: Vaclik(GK), Schar, Suchy, Safari, Serey Die, F. Frei, Hamoudi, Elneny, Xhaka, Streller(C), Embolo.

Liverpool: Mignolet(GK), Enrique, Lovren, Javi Manquillo, Skrtel, Gerrard(C), Coutinho, Henderson, Sterling, L. Markovic, Balotelli.
(*)

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014