Pintu tol itu merupakan akses untuk umum, tak hanya untuk kebutuhan PON XIX/2016.
Bandung (ANTARA News) - Pintu Tol Gedebage yang berlokasi di KM-149 Tol Purbaleunyi akan memulai pembangunannya pada Januari 2015, kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, di Bandung, Kamis.

"Tahapan pembangunan pintu tol itu sudah dilakukan dan Januari hingga Maret tahun 2015 sudah bisa dilakukan pembangunannya, sehingga 2015 pintu tol itu sudah bisa dioperasikan," kata Ridwan Kamil.

Ia menyebutkan, Pintu tol Gedebage itu nantinya akan mengakses ke Jalan Sokarno Hatta di kawasan Gedebage. Selain itu juga akan menjadi pintu menuju Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang akan menjadi tempat utama penyelenggaraan PON XIX/2016.

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, pihaknya telah mendapatkan akses jalan menuju ke Jalan Soekarno Hatta sehingga akan menjadi pintu tol paling timur di Kota Bandung.

"Pintu tol itu merupakan akses untuk umum, tak hanya untuk kebutuhan PON XIX/2016," katanya.

Selain itu juga akan ada akses tol langsung di Gelora Bandung Lautan Api secara langsung untuk VVIP. Jalur itu langsung keluar di KM151 tepat di dekat stadion kebanggaan warga Kota Bandung itu.

"Jalur tol itu saat ini untuk pekerjaan proyek, nantinya tetap akan dibuka khusus untuk rombngan VVIP yang menuji ke GBLA," kata Ridwan Kamil.

Selain akan membangun puntu tol di Gedebage, Pemkot Bandung juga akan membangun tiga jembatan layang di persimpangan jalan Soekarno Hatta dengan Jalan Kopo, Jalan Buah Batu dan Jalan Terusan Kiaracondong (Ibrahim Adji).

Jalur itu dua diantaranya mengakses ke pintu tol Cipularang di kawasan Buah Batu dan Kopo. Jalur itu merupakan jalur padat yang kerap terjadi kemacetan hebat setiap harinya.

"Tiga jembatan layang itu sudah menjadi kebutuhan dan merupakan prioritas dalam pembangunan infrastruktur jalan di Kota Bandung ini," kata Ridwan Kamil menambahkan.

(S033)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014