Iya nanti akan membacakan surat pengunduran diri
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta dijadwalkan akan membacakan surat pengunduran dirinya sebagai gubernur dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD DKI, hari ini pukul 14.00.  Pelaksanaan rapat paripurna kali ini akan digelar tanpa adanya tanggapan dari fraksi-fraksi.

"Iya nanti akan membacakan surat pengunduran diri," kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis.

Setelah membacakan surat pengunduran diri, maka Jokowi kemudian akan menyerahkan surat pengunduran dirinya pada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Begitu paripurna selesai, suratnya keluar. Saya dari surat Dewan itu mengajukan pengunduran diri ke Presiden lewat Mendagri, baru diterusin ke sana," kata Jokowi.

Rapat pimpinan untuk membahas proses pengunduran diri Jokowi telah dilakukan DPRD DKI Jakarta pada Selasa (30/9). Rapat tanpa dihadiri oleh keempat wakil ketua DPRD, dan para ketua fraksi dari Gerindra, PKS, PPP, dan Golkar.

Sementara, fraksi-fraksi yang menyetujui rapat paripurna digelar tanpa adanya tanggapan dari fraksi-fraksi adalah fraksi yang hadir dalam rapat tersebut, yakni PDI-P, PKB, Nasdem, Hanura, dan Demokrat-PAN. Dengan mundurnya Jokowi sebagai gubernur, maka secara otomatis, wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan menggantikannya.

Namun, Ahok tidak bisa langsung dilantik karena harus menunggu adanya kelengkapan struktur organisasi di DPRD DKI Jakarta, yang melingkupi pembagian unit kerja (komisi), dan pembuatan tata tertib. Sebagai pengamanan, di sekitar gedung DPRD DKI Jakarta dan Balai Kota sudah dijaga ketat pasukan gabungan TNI dan Polri.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014