Saya mengucapkan selamat kepada Setya Novanto atas terpilihnya beliau menjadi ketua DPR RI
Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas terpilihnya politisi Partai Golkar Setya Novanto sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) periode 2014-2019.

"Saya mengucapkan selamat kepada Setya Novanto atas terpilihnya beliau menjadi ketua DPR RI," kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis.

Jokowi mengaku tidak terkejut dengan terpilihnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR karena menurutnya dalam politik semua hal bisa berubah dengan cepat.

"Saya tidak kaget. Tiap menit bisa berubah. Itu kan sudah saya sampaikan," katanya.

Namun Jokowi enggan berkomentar lebih lanjut terkait penilaiannya terhadap sosok Setya Novanto yang akan menjadi mitranya dalam menjalankan pemerintahannya kelak.

"Bagus-bagus aja," katanya singkat.

Dalam Sidang Paripurna pemilihan ketua DPR yang digelar Rabu (1/10) malam di Gedung DPR RI, Setya Novanto terpilih bersama empat orang wakilnya, yaitu Fadli Zon dari Fraksi Gerindra, Agus Hermanto dari Fraksi Demokrat, Fahri Hamzah dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, dan Taufik Kurniawan dari Fraksi Partai Amanat Nasional.

Sidang paripurna pemilihan pimpinan DPR tadi malam berjalan alot. Pemilihan ketua dilakukan melalui sistem paket yang terdiri atas satu ketua dan empat wakil ketua. Hanya satu paket yang bisa diajukan, yaitu oleh Koalisi Merah Putih.

Sementara, fraksi partai pendukung Jokowi-JK tak bisa mengajukan karena tak memenuhi syarat. Akhirnya, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Hanura, dan Fraksi Partai Nasdem memilih walk out dan menyatakan tak bertanggung jawab dengan hasil sidang paripurna.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014