Surabaya (ANTARA News) - Menteri BUMN, Dahlan Iskan meresmikan mulai dioperasionalkannya Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya yang berkapasitas 4.000 orang penumpang dan ditunjang dua unit garbarata.

"Kami lihat kini semuanya di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara sudah siap untuk melayani masyarakat. Material yang dipilih bagus dan bisa menjawab kebutuhan pasar," kata Dahlan, saat Soft Opening Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis.

Dengan begitu, ungkap dia, para pengguna jasa kapal laut dari dan ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya saat ini bisa menikmati fasilitas megah yang ditawarkan terminal penumpang Gapura Surya Nusantara.

"Apalagi terminal penumpang ini dilengkapi dengan garbarata layaknya di bandara internasional. Terminal penumpang yang terdiri atas tiga lantai itu juga memiliki fasilitas berkonsep bangunan modern, ramah lingkungan, dan hemat energi," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto, menyatakan, pembangunan terminal penumpang itu membutuhkan investasi hingga Rp160 miliar. Upaya tersebut guna mengantisipasi pertumbuhan jumlah penumpang kapal laut.

"Bahkan, meningkatkan layanan kepada masyarakat," katanya.

Pada agenda tersebut, tambah dia, terlihat kegiatan embarkasi penumpang kapal milik PT Pelni (Persero) KM Labobar tujuan Makassar - Jayapura dengan spesifikasi LOA 146 meter, DWT 3.482 T, dan Gross Tonnage 15.136 ton.

"Kapal tersebut memiliki kapasitas penumpang 3.084 orang," katanya.

Di sisi lain, sebut dia, gedung terminal itu juga menggunakan sistem Sewage Treatment Plant (STP) yakni sistem air yang dapat mendaur ulang air buangan dari gedung tersebut menjadi air untuk flushing toilet.

"Sementara, pada tahun 2013 kondisi eksisting terminal penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak terdiri dari dua bangunan yaitu Gapura Surya yang dibangun pada tahun 1976," katanya.

Lalu, lanjut dia, Gapura Nusantara yang dibangun pada tahun 1983 dengan luas 6.800 meter persegi. Terminal penumpang itu memiliki kapasitas 2.500 penumpang.

"Untuk realisasi arus penumpang, hingga semester I/2014 sebanyak 286.078 orang naik dan turun melewati Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Perak. Angka itu naik 17 persen dibandingkan periode sama tahun lalu," katanya.

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014