saya tidak kaget"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih Joko Widodo menilai perubahan tradisi politik telah terjadi dengan terpilihnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR periode 2014-2019 Kamis dini hari lalu.

"Kalau dari tradisi politik yang lalu, Ketua DPR itu berasal dari partai pemenang pemilu, sekarang ada tradisi baru," kata Jokowi usai menghadiri rapat di Balaikota, Jakarta, Kamis.

Jokowi menyatakan tak mengkhawatirkan terpilihnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR yang berasal dari Koalisi Merah Putih, sebaliknya dia yakin pemerintahannya nanti akan berjalan dengan baik walaupun Ketua DPR tak berasal dari partainya yang menjadi pemenang Pemilu.

"Perubahan politik itu dapat terjadi setiap menit, jadi saya tidak kaget," ujar Jokowi.

Setya Novanto terpilih menjadi Ketua DPR dalam idang paripurna yang hingga Kamis dini hari lalu.

Koalisi Merah Putih kompak mengusung Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI Periode 2014-2019, didampingi empat wakil ketua meliputi Fadli Zon dari Gerindra, Agus Hermanto dari Demokrat, Taufik Kurniawan dari PAN, dan Fahri Hamzah dari PKS.

PKB, Hanura, PDIP, dan Nasdem "walkout" dalam sidang paripurna yang dipimpin politisi senior Golkar Popong Otje Djunjunan itu karena dianggap tidak demokratis.





Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014