setiap hari kita pakai jas, pakai safari, sudah saatnya diganti batik kalau memang pas ada tamu"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Terpilih Joko Widodo meresmikan acara Tribute to Batik 2014 yang digelar Pasaraya untuk menyambut Hari Batik Nasional di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan.

"Batik adalah industri kreatif berbasis budaya dan mengangkut jutaan perajin dari Sabang sampai Merauke, dan setiap hari kita pakai jas, pakai safari, sudah saatnya diganti batik kalau memang pas ada tamu," kata Jokowi di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, Kamis.

Sementara itu, President Director Pasaraya Medina Latief Harjani menyampaikan niat Pasaraya untuk mengembangkan usaha barang-barang kerajinan dan industri kecil dari seluruh Nusantara.

"Pasaraya secara sungguh-sungguh dengan konsep pembinaan yang terus menerus bersama para pengusaha kecil dari seluruh kepulauan Nusantara mengembangkan usaha industri kecil dan kerajinan sebagai hasil bangsa yang sekarang berkembang menjadi industri kreatif," kata Medina.

Mengenakan batik baru berwarna putih cokelat, Jokowi melakukan pengguntingan pita didampingi wakilnya, Jusuf Kalla, Mantan Menteri Kebudayaan Pariwisata Abdul Latief dan pengusaha sekaligus pendiri lembaga riset Soegeng Soerjadi.

Setelah itu, Jokowi berjalan menuju beberapa konter di Pasar Raya Blok M.

Pasaraya Tribute to Batik 2014 bertema Pasar Klewer menghadirkan berbagai koleksi kerajinan batik dari 80 pedagang batik Solo, Yogyakarta, Cirebon, Pekalongan, sampai pesisir.







Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014