Pergantian resmi sebaiknya dilakukan setelah terbentuknya pemerintahan baru Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla
Surabaya (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan penunjukan Direktur Hulu Pertamina Muhamad Husen sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) terhitung 1 Oktober 2014 bersifat sementara sampai ditetapkannya dirut baru yang definitif.

"Plt Dirut Pertamina itu sifatnya sangat sementara, karena itu cukup ditetapkan oleh Dewan Komisaris perusahaan. Penetapan dirut Pertamina definitif akan ditentukan oleh Menteri BUMN baru kabinet Presiden Joko Widodo," kata Dahlan, di sela acara Peluncuran Holding Company BUMN Perkebunan dan Holding BUMN Kehutanan, di Kantor PTPN XI, Surabaya, Kamis.

Menurut Dahlan, penetapan Muhamad Husen juga tidak menjadi soal karena hanya dalam beberapa waktu saja menjelang ditunjuknya dirut baru melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Pergantian resmi sebaiknya dilakukan setelah terbentuknya pemerintahan baru Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla," ujarnya.

Terhitung 1 Oktober 2014 Muhamad Husen menjadi Plt Dirut Pertamina, menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir mengatakan penetapan Muhammad Husein sebagai Plt Dirut Pertamina sudah ditembuskan kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan.

"Mengenai siapa pejabat definitif Pertamina, itu kewenangan Menteri BUMN sebagai kuasa pemegang saham," ujarnya.

Menurut laman resmi Pertamina, Muhamad Husen lulus Sarjana Geologi di Institut Teknologi Bandung (1984) dan Magister Sains di University of London (1989).

Mengawali karir di dunia perminyakan pada 1984 sebagai Geologist di Divisi Eksplorasi Lemigas. Selanjutnya, menjabat sebagai Kepala Remote Sensing & GIS Studies Group dan Kepala Unit Layanan Teknis Eksplorasi Lemigas.

Muhamad Husen pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Eksplorasi Lemigas (2001-2005) dan Asisten Deputi Bidang Perminyakan pada Deputi bidang Energi Sumber Daya Mineral dan Kehutanan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sebelum diangkat menjadi Direktur Hulu pada 30 Mei 2011 PT Pertamina, Husen juga pernah menjabat Komisaris PT Pertamina EP sejak tanggal 1 Juli 2009.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014