Bandung (ANTARA News) - Tim Maung Bandung Persib mengalahkan Liga Super Malaysia Selection (LSMS) 3-0 (1-0) pada pertandingan persahabatan internasional dalam rangka HUT ke-204 Kota Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, Kamis.

Gol kemenangan Persib Bandung dicetak melalui penalti Makan Konate menit ke-32. Kemudian gol lainnya dicetak oleh bomber timnas Ferdinand Sinaga menit ke-64 dan Djibril Coulibaly menit ke-66.

Pertandingan persahabatan internasional itu, merupakan pertandingan perdana di stadion Gelora Bandung Lautan Api yang sekaligus merupakan uji coba lapangan.

Stadion yang rencananya akan menjadi tempat pembukaan PON XIX/2016 itu nantinya akan menjadi home base bagi Persib Bandung yang selama ini berhome base di Stadion Si Jalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung.

Disaksikan sekitar 30 ribuan penonton yang memadati semua tribun stadion itu, Persib Bandung tampil all out. Namun pada babak pertama Persib harus menunggu selama 32 menit untuk mencetak gol pertama. Gol itu lahir setelah pemain Malaysia Selection Sin Hun Jun terkena hands ball di kotak penalti saat menghadang serangan Maung Bandung.

Gelandang sekaligus play makker Persib, Makan Konate sukses menjadi eksekutor meski tembakan kaki kanannya sempat diblok oleh kiper Moch Noor Mochamad Arif.

Pada babak kedua, pelatih Persib Jajang Nurjaman melakukan pergantian pemain dengan memasukan Hariono, Firman Utina, Ferdinand Sinaga dan Tonny Sucipto sekaligus sehingga tim Bandung tampil dengan pemain inti.

Melalui sekema penyerangan matang, Ferdinand yang baru pulang memperkuat Timnas PSSI di ajang Asian Games langsung mencetak gol menit ke-64. Mantan striker Sriwijaya FC itu menunjukkan kapasitasnya sebagai pemain nasional, bola muntah dari bek Al Haji Adamos langsung diolah menjadi gol kedua bagi timnya.

Striker Djibril Coulibaly juga menunjukkan ketajamannya dengan mencetak gol ketiga bagi Persib setelah mendapat umpan silang Supardi.

Pertandingan yang dipimpin wasit Oki Dwi Putra dari Bandung itu diwarnai kartu kuning bagi Abdurahman dan Vladimir Vujovic dari Persib. Laga itu juga menjadi ajang reuni bagi Marcio Souza da Silva dan Hilton Moriera yang turun memperkuat Liga Super Malaysia Selection.

Manajer Persib Bandung H Umuh Muhtar menyatakan lega dengan hasil kemenangan itu dan menjadi bekal untuk pertandingan babak delapan besar ISL 2014 melawan Pelita Bandung Raya pada Senin (6/10).

"Pertandingan malam ini cukup memuaskan, meski target kami sebenarnya pada babak delapan besar LSI nanti. Posisi kami sebenarnya riskan karena baru dua hari ini bisa melakukan latihan dengan formasi komplit," kata Umuh Muhtar.

Namun out put dari pertandingan melawan Malaysia Selection ini, kata Umuh merupakan pertandingan monumental karena merupakan pertandingan perdana yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api itu.

"Stadion ini cukup megah dan berstandar internasional, ini pertandingan monumental dan kami senang bisa memberikan hiburan bagi warga Bandung melalui pertandingan ini," kata Umuh Muhtar.

Pada kesempatan itu, Manajer Persib meminta dukungan untuk perjuangan Persib di ajang delapan besar ISL 2014.

Sementara itu striker Ferdinand Sinaga menyebutkan, ia mengaku senang bisa bertanding pada laga perdana di stadion itu. Meski baru pulang dari Korea, namun ia mengaku puas karena bisa memberikan gol bagi Persib.

"Memang baru dua hari gabung, namun profesional saja setelah menunaikan tugas negara saya harus kembali bermain maksimal untuk klub," kata Ferdinand.

Ia mengaku kini tengah fokus untuk bisa tampil maksimal pada laga derbi pada babak delapan besar melawan Pelita Bandung Raya.

"Ya saya fokus ke pertandingan pertama di delapa besar ISL 2014. Itu kesempatan bagi Persib untuk tetap membuka peluang meraih yang terbaik," kata Ferdinand.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014