Incheon, Korea Selatan (ANTARA News) - Shin Jong-Hun dan Ham Sang-Myeong boleh merebut dua emas cabang tinju untuk Korea Selatan hari ini, tetapi negeri ini tak bisa menghentikan dominasi Kazakhstan yang melampaui mereka dalam final cabang ini pada Asian Games.

Shin merebut gelar juara kelas ringan, sedangkan Ham sukses pada kelas bantam sehingga tuan rumah Asian Games ini memenangi dua dari tiga medali emas tinju.

Lalu Lim Hyun-Chul gagal merebut emas dari kelas welter ringan karena kalah satu poin dari petinju Thailand Wuttichai Masuk. Kekecewaan Korea Selatan bertambah setelah tiga petinju Kazakhstan merebut tiga dari empat emas yang diperebutkan kemudian.

Shin menang angka dari petinju Kazakhstan Birzhan Zhakypov pada final, setelah pada semifinal menumbangkan andalan Filipina Mark Anthony Barriga. Sedangkan Ham menang mutlak dari petinju Tiongkok Zhang Jiawei yang malah merasa telah memenangkan tanding final ini.

Kazakhstan menempatkan tujuh petinju pada final Jumat ini.  Setelah Zhakypov gagal mempersembahkan emas, Ilyas Suleiminov menjuarai kelas terbang setelah mengalahkan Shakhobidin Zoirov dari Uzbekistan.

Kemudian juara dunia kelas welter Daniyar Yeleussinov menumbangkan rekannya Israil Madrimov dengan selisih angka.

Sukses ini diikuti rekan senegara mereka pada kelas menengah, Zhanibek Alimkhanuly, yang mengunci petinju Yordania Odai Ruyad Adel Alhindawi.

Sementara itu, Mongolia merebut emas pertama tinju mereka dari Asian Games setelah petinju kelas berat Otgondalai Dorjnyambuu mengalahkan petinju Filipina Charly Suarez.

"Mongolia telah punya seorang juara Olimpiade dan juara dunia, namun saya adalah juara Asia Games yang pertama, jadi saya sangat bahagia," kata Dorjnyambuu seperti dikutip AFP.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014