Incheon (ANTARA News) - Upacara penutupan Asian Games 2014 Incheon, Korsel pada Sabtu (4/10) akan diwarnai penyerahan bendera Asian Games dari panitia Incheon kepada Komite Olimpiade Asia (OCA) yang kemudian diserahkan ke Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang diwakili ketua umum Rita Subowo, sebelum penampilan 50 penari Indonesia yang mementaskan budaya Indonesia.

Indonesia telah ditetapkan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang akan dilangsungkan di tiga wilayah yaitu, Sumatera Selatan, Jakarta, dan Jawa Barat.

"Besok (Sabtu) sebelum ditampilkannya budaya Indonesia, lebih dahulu akan dilakukan upacara penyerahan bendera Asian Games dari panitia Incheon kepada OCA lalu kepada kita," kata Rita Subowo kepada wartawan di Incheon, Sabtu.

Dilanjutkannya, setelah KOI menerima bendera Asian Games dari OCA, maka KOI meneruskan menyerahkan bendera itu kepada wakil Sumatera Selatan dan Jakarta yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018

Dikatakannya setelah itu akan dilanjutkan dengan penaikan bendera Merah-putih yang dilanjutkan dengan tayangan video layar lebar yang menayangkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang mengucapkan "Welcome Indonesia.

"Bapak Presiden SBY akan muncul dalam tayangan layar lebar yang mengucapkan welcome Indonesia," tambahnya.

Dilanjutkannya, setelah KOI menerima bendera Asian Games dari OCA, maka KOI meneruskan menyerahkan bendera itu kepada wakil Sumatera Selatan dan Jakarta yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Rita Subowo mengatakan, dalam pentas penutupan Asian Games 2014 Incheon, Indonesia akan menampilkan "Archipelago Indonesia.

(A020/A008)

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014