Jakarta (ANTARA News) - Penghargaan jurnalistik Anugerah Adinegoro, yang diberikan sebagai apresiasi tertinggi oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk karya jurnalistik, tahun ini mengambil tema demokrasi.

Kompetisi ini memperebutkan penghargaan untuk enam kategori yaitu berita berkedalaman, karikatur opini, foto berita, dan tajuk rencana untuk media cetak. Lalu berita ringan untuk televisi dan berita ringan untuk radio.

Sementara penghargaan jurnalisme inovasi akan diberikan untuk jenis karya berita hiburan dan karya yang disiarkan secara daring.

Terdapat pula dua kategori untuk Penghargaan Jurnalisme Inovasi, yakni berita ringan untuk media daring dan berita hiburan untuk semua jenis media cetak baik harian, tabloid, mingguan, dan majalah.

Pemenang tiap kategori dari masing-masing Anugerah Adinegoro akan mendapat Rp50 juta, dipotong pajak 10 persen. Sedangkan pemenang Penghargaan Jurnalisme Inovasi akan mendapatkan hadiah Rp10 juta dan juga dipotong pajak 10 persen.

Karya yang bisa didaftarkan untuk diseleksi harus sudah disiarkan antara 1 Januari hingga 31 Desember 2014. 

Seperti dikutip dari keterangan tertulis PWI, setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 10 karya. Pengiriman sudah bisa dilakukan mulai September, dan ditutup pada 2 Januari 2015.

Informasi lebih lanjut tentang kompetisi Anugerah Adinegoro 2014 dapat diperoleh di laman PWI (www.pwi.or.id) dan alamat surel anugerah.adinegoro@yahoo.com.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014