Batam (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam mengimbau agar nelayan dan pengguna transportasi laut di Perairan Kepulauan Riau terutama Natuna dan Anambas, agar berhati-hati terhadap gelombang tinggi dan arus laut kuat pada Minggu.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam Adhitya Prakoso memprakirakan gelombang di Perairan Natuna dan Anambas mencapai 2,5 meter dengan arus laut hinga 70 cm per detik.

"Untuk aktivitas transportasi darat dan udara cukup kondusif, sedangkan untuk transportasi laut dihimbau berhati-hati," kata dia.

Cuaca Kepri sendiri diprakirakan berawan dan berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terkadang disertai petir dan angin kencang.

Cuaca itu dipengaruhi pola angin belokan, serta adanya daerah pertemuan angin di wilayah Kepri yang berpotensi menumbuhkan banyak awan, ditambah kelembapan udara atas yang tinggi yang berpotensi menumbuhkan banyak awan hujan.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan sedang dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 42 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 75 sampai 97 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan sedang dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 76 sampai 96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Karimun pada Minggu pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 37 kilometer per jam arah barat daya.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 72 sampai 98 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Lingga Minggu pagi berawan hujan ringan dan siang hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 68 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Kabupaten Natuna pada Minggu pagi hingga malam berawan hujan sedang. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 42 kilometer per jam arah barat daya.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 320 derajat Celcius dengan kelembaban 78 sampai 98 persen. Dan gelombang laut diperkirakan satu sampai 2,5 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Minggu pagi hingga malam berawan hujan sedang. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 km per jam arah barat selatan.

Suhu udara Anambas antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 92 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan satu sampai 2,5 meter. (*)

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014