Martapura (ANTARA News) - Jamaah shalat Idul Adha di Kota Martapura, Kalimantan Selatan (Kalsel), tetap khusu' mengikuti shalat meski pun masjid yang dijadikan pusat ibadah diselimuti kabut asap cukup pekat.

Pantauan Antara, Sabtu, kabut asap menyelimuti Masjid Al Karomah yang terletak di tepi Jalan Ahmad Yani Km 40 Kota Martapura, ibukota Kabupaten Banjar, Kalsel.

Meski kabut asap cukup pekat menyelimuti masjid terbesar di pusat kota itu, namun ribuan jamaah tetap mengikuti shalat Ied yang dimulai pukul 07.30 Wita.

Kepekatan kabut asap di Kota Martapura sejak pukul 06.00 Wita cukup pekat dengan jarak pandang berkisar 100--200 meter terutama di kawasan perkotaan.

Namun, di kawasan pinggiran kota, jarak pandang di bawah 100 meter sehingga mengganggu aktivitas warga terutama di luar rumah sehingga banyak yang memilih di dalam rumah.

"Jarak pandang di Desa Dalam Pagar Kecamatan Martapura Timur di bawah 50 meter sehingga warga tidak berani keluar rumah," ujar Nurdi warga desa setempat.

Sebelumnya, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Farid Soufian, mengatakan kualitas udara cukup buruk sehingga warga disarankan tidak keluar rumah.

"Kualitas udara buruk akibat kabut asap sehingga kami imbau warga agar mengurangi aktivitas di luar rumah sehingga terhindar dari dampak buruk kabut asap," katanya.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014