... Arie Soemarno, Poltak Sitanggang, Karen Agustiawan, dan Kurtubi... "
Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah mahasiswi Singapura asal Indonesia, melalui situs www.beranilawanmafia.com merilis hasil jajak pendapat kandidat menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang dianggap berani melawan mafia perminyakan.

Berdasarkan siaran pers diterima di Jakarta, Minggu, jajak pendapat memakai jaringan internet itu dilakukan sejak 14 September 2014 yang secara khusus menampilkan empat kandidat menteri ESDM yang belakangan banyak diberitakan media massa.

Mereka adalah Arie Soemarno, Poltak Sitanggang, Karen Agustiawan, dan Kurtubi. Keempat kandidat itu memiliki rekam jejak beragam dalam bidang berkaitan energi dan sumber daya mineral.

Soemarno pernah berkarir sebagai staf khusus Direktur Hilir Pertamina, dan menjadi presiden direktur anak perusahaan Pertamina di Singapura, Petral.

Sementara Sitanggang dikenal sebagai ketua umum Asosiasi Pengusaha Tambang Mineral Indonesia, dan ketua Komisi Tetap Energi dan Pertambangan Mineral Kadin Indonesia.

Agustiawan pernah bekerja di perusahaan minyak milik Amerika Serikat dan terakhir menjabat sebagai direktur utama Pertamina.

Sedangkan Kurtubi dikenal sebagai pengamat perminyakan yang pernah berperan sebagai komisaris perusahaan asing kontrak karya PT Newmont Nusa Tenggara pada 2007.

Hasil jajak pendapat menunjukkan, Soemarno memperoleh 87 suara, Sitanggang 8.663 suara, Agustiawan 3.526 suara, dan Kurtubi 103 suara.

Mayoritas publik memilih Sitanggang disebut-sebut lantaran rekam jejaknya yang pernah mengambil alih lahan perusahaan asing Rio Tinto melalui mekanisme renegosiasi kontrak karya.

Selain itu Sitanggang dinilai tidak pernah bekerja untuk perusahaan minyak dan tambang asing sehingga dipercaya tidak punya kepentingan masa lalu dan hutang budi pada perusahaan-perusahaan minyak atau tambang asing.

Pewarta: Rangga Jingga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014