Turin (ANTARA News) - Juara bertahan Liga Italia Serie A, Juventus, memenangi laga keras melawan penantang gelar Roma dengan skor akhir 3-2 di Juventus Arena, Turin, Senin dini hari WIB.

Dua dari tiga gol Juventus dicetak penyerang Argentina, Carlos Tevez, melalui titik putih pada menit 27 dan 45, yang dipungkasi tendangan sentuhan pertama pemain belakang Leonardo Bonucci pada menit 86.

Sementara gol Roma dicetak oleh Francesco Totti lewat tendangan penalti pada menit 32 serta sepakan jarak dekat Juan Iturbe pada menit 44.

Selain tiga tendangan penalti, laga tersebut diwarnai sedikitnya satu kartu merah dan tiga kartu kuning untuk masing-masing tim, atau secara keseluruhan dua kartu merah dan enam kartu kuning, serta pengusiran pelatih Roma Rudi Garcia dari pinggir lapangan.

Pelatih Roma, Rudi Garcia, diusir dari tepi lapangan oleh wasit Gianluca Rocchi karena memprotes keputusan pemberian tendangan penalti bagi Juventus pada menit 26 setelah bola tendangan bebas Andrea Pirlo mengenai tangan Maicon yang berdiri sebagai pagar hidup.

Akan tetapi keputusan itu menjadi kontroversial lantaran diambil usai berdiskusi dengan asisten wasit dan di bawah tekanan protes para pemain Juventus, setelah pada awalnya Rocchi tidak memberikan tendangan penalti melainkan tendangan bebas.

Garcia sempat melakukan protes berbentuk gestur memainkan violin sesaat sebelum diusir oleh Rocchi.

Berkat hasil tersebut, Juventus melanjutkan catatan positif memenangi enam laga dalam enam pertandingan awal mereka di Serie A dan memuncaki klasemen dengan 18 poin, dibayangi Roma di tempat kedua dengan 15 poin.

Babak pertama berlangsung sangat keras antara kedua tim yang memiliki koleksi poin setara 15 poin dari lima kemenangan dalam lima laga mereka itu.

Wasit sedikitnya memberikan tiga tendangan penalti di babak pertama, satu untuk Roma dan dua untuk tuan rumah, serta enam kartu kuning masing-masing tiga untuk kedua tim, dan diusirnya pelatih Rudi Garcia dari bangku tim Roma.

Panasnya laga babak pertama baru bermula pada menit 26 saat Maicon menerima kartu kuning setelah tangannya terkena bola tendangan bebas Pirlo, yang berujung tendangan penalti serta diusirnya Garcia dari pinggir lapangan.

Gol yang dieksekusi dengan baik oleh Tevez pada menit 27 membawa Juventus unggul 1-0 untuk sementara, hanya untuk dibalas melalui hal serupa oleh Pangeran publik Roma, Francesco Totti, lima menit berselang, setelah ia dilanggar bek sayap Juventus Stephan Lichsteiner.

Laga berjalan kian keras, namun tim tamu justru termotivasi untuk menghancurkan pertahanan tuan rumah, dan hasilnya sebuah gol indah tercipta melalui upaya Gervinho sukses melepaskan umpan meski di tengah kawalan dua pemain yang diselesaikan dengan baik oleh Juan Iturbe dari jarak dekat sukses membawa Roma unggul 2-1 atas Juventus pada menit 44.

Rocchi kembali memberikan hadiah penalti kepada Juventus pada pengujung babak pertama saat ia menilai Miralem Pjanic melanggar Paul Pogba di dalam kotak penalti.

Tevez yang jadi algojo untuk kali kedua mengeksekusi penalti dengan dingin ke sudut kiri bawah gawang, sekaligus membuat kedudukan sama kuat 2-2 menutup laga babak pertama.

Babak kedua laga berjalan lebih terhormat, dengan pola permainan keras namun para pemain tetap menghindarkan diri dari kejaran peluit wasit.

Baru pada menit 86 Juventus berhasil memperoleh keunggulan melalui Bonucci yang melakukan tendangan sentuhan pertama menyambut bola sepak pojok.

Dua menit berselang, kericuhan kembali pecah saat Morata melanggar keras bek Roma, Kostas Manolas, yang disambut reaksi keras oleh pemain Yunani tersebut.

Kedua pemain akhirnya diganjar kartu merah oleh Rocchi, dan sisa waktu normal beserta empat menit waktu tambahan tidak mengubah kedudukan 3-2 untuk kemenangan tuan rumah, Juventus.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut dilansir dari situs resmi UEFA.

Juventus (3-5-2): Gianluigi BUffon (PG); Martin Caceres (Angelo Obonna), Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini; Stephan Lichsteiner, Claudio Marchisio, Paul Pogba, Kwadwo Asamoah, Andrea Pirlo (Arturo Vidal); Fernando Llorente (Alvaro Morata), Carlos Tevez
Pelatih: Massimiliano Allegri

Roma (4-3-3): Lukasz Skorupski (PG); Maicon, Kostas Manolas, Mapou Yanga-Mbiwa, Jose Holebas; Miralem Pjanic (Leandro Paredes), Seydou Keita, Radja Nainggolan; Juan Iturbe (Alessandro Florenzi), Francesco Totti (Mattia Destro), Gervinho
Pelatih: Rudi Garcia




Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014