Rashaya, Lebanon (ANTARA News) - Tentara Israel menembak dan melukai seorang tentara Lebanon di garis gencatan senjata antara kedua negara, Minggu, kata sumber keamanan Lebanon kepada AFP.

Sumber itu mengatakan, tentara itu menembak saat patroli tentara Lebanon diserang di Jabal Sadanneh, barat wilayah Shebaa Farms yang disengketakan.

Militer Israel mengatakan, pasukannya telah menembaki tersangka dengan alasan ia berusaha untuk menyusup ke utara negara itu.

"Sebelumnya, hari ini, selama kegiatan rutin di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon, satu pasukan IDF (tentara) mengidentifikasi tersangka melintasi perbatasan dan menyusup ke wilayah Israel," kata militer dalam satu pernyataan.

"Pasukan membalas dengan menembak ke arah tersangka, yang melarikan diri ke utara, kembali ke Lebanon. Insiden ini sedang dikaji."

Daerah Shebaa Farms terletak di persimpangan Lebanon, Suriah dan Israel dan telah diduduki oleh Israel sejak perang Timur Tengah 1967.

Ketegangan pecah antara pasukan Israel dan Lebanon di sepanjang daerah yang disebut Blue Line, garis gencatan senjata yang disusun oleh PBB pada tahun 2000, setelah pasukan Israel menarik diri, mengakhiri pendudukan 22 tahun di Lebanon selatan.

Tahun lalu, Israel menuduh seorang prajurit Lebanon melepaskan tembakan lintas garis gencatan senjata dan menewaskan seorang tentara yang pasukan PBB tempatkan di daerah itu yang disebut "tindakan individu".

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014